Minggu, 20 Maret 2011

Khasiat Tanaman Herbal

1.DAUN SIRIH ( Piper betle L )
Sirih merupakan tanaman asli Indonesia, tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon. Tanaman ini bisa mencapai 15m. Batang kehijauan berbentuk bulat,beruas,buahnya buah ini buni berbentuk bulat berwarna ke abu-abuan.Klasifikasi tanaman sirih:Kerajaan : Plantae, Ordo: Piperales, Famili : Piperaceae, Genus : Piper, Spesies: P. betle
Khasiat   : Menghentikan batuk (anti tussive),mengurangi peradangan,antijamur,menghilangkan gatal.
2.JAHE ( Zingiber officinale Rosc )
Rimpang ini barbentuk jemari yang menggembung di jari-jari tengah.Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Kerajaan:Plantae, Ordo:Zingiberalis, Famili:Zingiberaceae, Genus:Zingiber, Spesies:Z.officinale.
Khasiat : Menghangatkan pernafasan,peluruh dahak,antiradang(untuk flu,batuk,dan masuk angin).
3.KENCUR ( Kaenferia galanga L )
Merupakan salah satu jenis empon-empon yang mengandung minyak atsiri,alkaloid,yang bermanfaat untuk stimulan. Tumbuh subur di dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya subur.
Khasiat: Mengobati radang lambung,radang anak telinga,influenza pada bayi,masuk angin,penurun berat badan,peluruh dahakDa\\ dan meredakan batuk.
4.KULIT JERUK MANDARIN ( Citrus Nobilis Lour )
Kulit jeruk mandarin memiliki berbagai macam senyawa diantaranya Tangeraxanthin,Tangeritin,Terpinen-4-ol,Threonine,Thymol.
Khasiat: sebagai peluruh dahak pada batuk dan sebagai antiasma.
5.SAMBILOTO ( Andrographis panicullata Nees )
Merupakan Tumbuhan khas tropisan mudah tumbuh dipekarangan rumah. Merupakan tanaman semak yang memiliki banyak cabang daun.
Khasiat: sebagai antiradang,anti infeksi,menurunkan panas,analgenik,menetralkan material toxsin dalam tubuh,serta merasang imunitas tubuh.
6.PEGAGAN ( Centella asiatica urb. )
Merupakan tanamn liar yang mudah tumbuh,berasal dari daerah Asia tropik,nama lain tanaman ini adalah daun kaki kuda dan antanan. Klasifikasi tanaman Pegagan:   Kerajaan:Plantae,Ordo:apiales,Famili:Mackinlayaceae,Genus:Centella,Spesies:C.asiatica
Khasiat: Sebagai anti-infeksi,antibakteri,menurunkan panas,menetralkan toksik(untuk flu,bronkhitis,radang paru,batuk rejan,dan flek paru)
7.DAUN SAGA ( Abrus precatorius L )
Daun Saga ini merupakan daun majemuk,berbentuk telur,serta berukuran kecil-kecil,daun saga ini menyerupai daun tamarindus andica.
Khasiat: antiradang dan menurunkan panas.
8.UMBI BUNGA LILI ( Lilium sp. )
Tanaman ini dikenal sejak jaman Yunani kuno,selain tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias,tanaman ini padu umbunya dapat digunakan sebagai obat.
Khasiat: Meredakan batuk,antihistamin,meredakan asma,serta meredakan batuk.
9.DAUN MENTHA ( Mentha sp. )
Daun ini semacam daun mint yang mengandung berbagai jenis zat yang dapat digunakan untuk pengobatan,antara lain:saponin,Flavonida,dan tanin.
Khasiat: sebagai pereda batuk dan peluruh dahak.
10.JERUK NIPIS ( Citrus aurantifolia swingle )
Jeruk nipis merupakan tanaman perdu,buah atau daun dari tanaman ini dapat digunakan sebagai bahan obat. Klasifikasi tanaman jeruk nipis: Kerajaan:Plantae,Divisio:Magnoliophyta,Kelas:Magnoliopsida,Ordo:Sapindal
Khasiat: Meredakan batuk,peluruh dahak,serta antioksidan.
11.KUMIS KUCING ( Orthosiphon spicatus )
Kumis kucing ini merupakan tanaman obat yang berupa tumbuhan berbatang basah dan tegak.Selain kumis kucing tanaman ini dikenal dengan kidney tea
Khasiat: Mengobati kencing batu,mengobati infeksi kandung kemih,serta meredakan encok.
12.TEMULAWAK ( Andrographis paniculata )
Temulawak merupakan tanaman dari suku temu-temuan.Klasifikasi temulawak: Kerajaan:Plantae,Divisi:Magnoliophyta,Kelas:Monocotyledone,Ordo:Zingiber,Genus:Curcuma
Khasiat: Mencegah hepatitis,mencegah gangguan lever,meningkatkan cairan empedu,menurunkan kolesterol,mangatasi radang empedu,serta dapat sebagai peluruh haid.
13.TEMU IRENG ( Andrographis paniculata )
Merupakan jenis temu-temuan yang dapat digunakan sebagai tanaman obat.
Khasiat: Menyuburkan kandungan,meningkatkan stamina, menetralkan racun dalam tubuh,dan dapat mengobati asma ataupun sariawan
14.LENGKUAS ( Alpinieae galanga)
Lengkuas merupakan jenis tanaman obat keluarga yang dapa mengobati penyakit. KLasifikasi lengkuas: Kerajaan:Plantae,Divisio:Magnoliophyta,Kelas:Liliopsida,Ordo:Zingiberalis.
Khasiat: Sebagai obat gosok,Mengobati rematik,dan menyembuhkan kurap.
15.SEREH (Andropogon nardus)
Tanaman sereh merupakan tanaman dari golongan rumput-rumputan yang disebut andropogon nardus.Sereh dapat ditanam dengan cara stek,ataupun bibit dari batang yang sudah tua.
Khasiat: sebagai aroma terapi,dan menghindarkan tubuh dari gangguan gigitan nyamuk.


Artikel Terkait



Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.